Selamat Datang Di Situs Resmi Rumah Sakit Jiwa Aceh

RSJ Adakan Penyuluhan Kesehatan 2 Kali Dalam Seminggu

Kategori : Berita Rabu, 24 Juli 2019 - Oleh humas

Banda Aceh - Demi mendukung Akreditasi melalui Instalasi Keswamas dan Unit PKRS Rumah Sakit Jiwa Aceh mengadakan Penyuluhan Kesehatan 2 kali dalam seminggu pada Poli Rawat Jalan RSJ Aceh yakni pada Senin dan Jumat. Dokter Umum, Psikiater, Perawat, Nutrisionis, dan Apoteker dari Rumah Sakit Jiwa sendiri berganti-ganti menyampaikan materi kepada keluarga dan pasien disetiap kegiatan berlangsung.

Dengan kegiatan ini keluarga dan pasien banyak mengetahui tentang informasi penyakit jiwa sehingga tingkat kekambuhan bisa lebih di mininalisir, mengingat pasien jiwa tidak dapat sembuh sempurna melainkan sembuh klinis. 

Pagi ini (24/07/19) tampak dr. Liza Fathiariani sedang menyampaikan materi tentang "Kenapa Saya Harus Minum Obat?". Menurutnya selama ini keluarga dan pasien tidak tau kenapa harus minum obat. Ia berharap setelah dokter meresepkan obat kepada pasien, keluarga dan pasien hendaknya mengkonsultasikan kepada perawat sehingga mereka mengetahui efek-efek dari obat tersebut.

"Banyak kali keluarga dan pasien tidak mengetahui efek-efek obat yang mereka dapatkan contohnya mereka mau beraktifitas malah minum obat yang ada efek ngantuk. Dengan kegiatan ini kita akan tau betapa pentingnya komunikasi antara petugas kesehatan dengan keluarga dan pasien sehingga mereka tau tata cara minum obat dan efek sampingnya" Jelas dr. Liza Fathiariani

Busra M. Amin, SKM selaku Kepala Unit Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK) juga mengatakan demikian, pasien jiwa harus dapat minum obat secara rutin. Banyak pasien yang sudah sembuh dapat kambuh kembali dikarenakan tidak lagi konsumsi obat yang diberikan dokter kepada pasien, baik itu putus karena setelah habis obat pasien tidak kembali lagi ke RSJ untuk mendapatkan obat dan memang pasien tersebut tidak mengkonsumsi lagi obat karena menurut keluarga, pasien tersebut telah sembuh.

"Kalau pasien tersebut tidak minum obat kembali, maka pasien tersebut dipastikan akan kambuh kembali dalam waktu yang relatif singkat." Katanya

Dengan adanya kegiatan ini RSJ Aceh berharap pasien dapat rutin minum obat dan bisa hidup seperti orang normal. NK

 

comments powered by Disqus