Selamat Datang Di Situs Resmi Rumah Sakit Jiwa Aceh

RSJ Aceh Berikan Edukasi Penggunaan Obat Kepada Masyarakat

Kategori : Berita Jumat, 20 September 2019 - Oleh humas

Banda Aceh - Rumah Sakit Jiwa Aceh tak henti-hentinya memberikan Pendidikan Kesehatan (PENKES) untuk masyarakat yang berkunjung ke poli Rawat Jalannya. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap hari senin dan jumat di setiap minggunya. Untuk hari ini (20/09/2019) Teddy Kurniawan Bakrie, M.Farm,Apt selaku apoteker di RSJ Aceh yang menyampaikan materi cara penggunaan obat yang benar dan tepat.

Sangat berbeda dengan pasien non Jiwa pasien ODGJ ini memang sangat membutuhkan pendampingan keluarga mengingat obat-obat yang ada di RSJ ini tingkat resiko efek samping sangat tinggi, kemudian juga penggunaan obat tersebut juga jangka panjang dan pasien ODGJ ini tidak dapat mengingat waktu pemakaian obat. Peran keluarga sangatlah penting dalam penggunaan obat, jika keluarga tidak paham dengan penggunaan obat yang benar dan tepat maka pasien akan kambuh lagi.

Menurut Teddy penggunaan obat yang dilakukan selama ini sudah benar tapi ada beberapa hal yang harus selalu mengingatkan masyarakat yang berkunjung dikarenakan setiap harinya akan berbeda-beda masyarakat yang berobat di RSJ Aceh.

"Promosi kesehatan yang kami lakukan di RSJ ini bangus banget dan sangat penting bagi masyarakat karena banyak hal yang mereka tidak paham tentang penggunaan obat atau tentang kesehatan dan penyakitnya. Dengan kami memberikan edukasi seperti ini masyarakat lebih peduli dengan kesehatannya dan mereka paham bagaimana cara mengatasi sampai dengan cara mengkonsumsi obat semua itu sangat mendukung proses penyembuhan mereka. Jika seandainya PENKES ini tidak dilakukan maka masyarakat tidak punya akses mendapatkan informasi. Dengan mereka tidak bisa mendapatkan informasi maka masyarakat akan banyak mengeluarkan uang untuk berobat, padahal yang salah hanyalah cara penggunaan obat" Jelas Teddy. [NK]

 

comments powered by Disqus