Selamat Datang Di Situs Resmi Rumah Sakit Jiwa Aceh

RSJ Aceh Berikan Edukasi Tentang Penyakit Jiwa Kepada Masyarakat

Kategori : Berita Jumat, 21 Februari 2020 - Oleh humas

Banda Aceh - Rumah Sakit Jiwa Aceh (RSJA) berikan pengenalan penyakit jiwa kepada masyarakat yang berobat pada poliklinik Rawat Jalan RSJA, Jumat (21/02/2020).

Seperti diketahui masyarakat awam, jika berobat ke RSJ atau dokter jiwa karena kasus "gila". Sebenarnya gangguan jiwa itu memiliki jenis - jenis yang sering di temui dalam masyarakat contohnya depresi, cemas, susah tidur dan lainnya.

dr. Zulfa Zahra, SpKJ menghimbau masyarakat agar tidak takut untuk berobat ke RSJA dikarena banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah kejiwaan setiap orang contohnya sumber stres. Banyaknya masalah dalam kehidupan manusia menimbulkan sumber stres.

"Banyak sekali kesalahpahaman yang terjadi dimasyarakat yaitu gangguan jiwa karena diguna-guna atau "dipeukenong le gop" yang pengobatannya selalu ke dukun dengan air rajah, padahal semakin dini seseorang mengalami gangguan jiwa dan semakin cepat di obati sehingga perbaikannyapun jauh lebih baik, akan tetapi kalau telat diobati maka akan lebih susah lagi untuk kita membuat pasien itu jauh lebih baik" Jelas Zulfa saat ditemui Humas RSJA

Zulfa juga menjelaskan bahwa tidak semua obat untuk penyakit jiwa itu menyebabkan ketergantungan, pada kondisi gangguan kronik pengobatan harus dilakukan jangka panjang.

Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berat yang baru serangan pertama membutuhkan waktu pengobatan sekitar 6-12 Bulan dengan tidak putus mengkonsumsi obat. [NK]

 

comments powered by Disqus