Selamat Datang Di Situs Resmi Rumah Sakit Jiwa Aceh

Kebersihan Tangan, Jurus Jitu Memutus Rantai Infeksi

Kategori : Artikel Selasa, 17 Maret 2020 - Oleh humas

Kebersihan tangan atau hand hygiene, istilah yang saat ini sangat populer baik di kalangan medis maupun masyarakat awam. Hal ini tidak terlepas dengan merebaknya wabah virus Corona yang sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Masyarakat semakin khawatir dengan terus meningkatnya kasus terkonfirmasi dan kematian akibat virus tersebut serta belum ditemukan obat penangkalnya.

Kementerian Kesehatan Indonesia meminta kepada seluruh masyarakat menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Adapun caranya dengan melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan kebersihan tangan, makan dengan gizi yang seimbang, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan tidak makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan. Apabila mengalami demam dan sesak nafas, dianjurkan segera ke fasilitas kesehatan. Selanjutnya, apabila batuk, maka harus menggunakan masker atau menutup mulut dengan lengan atas bagian dalam serta jangan lupa berdoa.

Kebersihan tangan atau hand hygiene merupakan pilar utama dalam pencegahan dan pengendalian infeksi serta komponen utama dalam keselamatan pasien (patient safety). Dikutip dari laman CDC (Centers for Disease Control and Prevention) bahwa salah satu cara mencegah penyebaran infeksi adalah dengan membersihkan tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah berada di tempat umum atau setelah batuk atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, bisa menggunakan pembersih tangan yang mengandung 60% -95% alkohol.
Kenapa tangan menjadi fokus, karena tangan merupakan media transmisi (media perpindahan) tersering dari kuman pathogen Penelitian menyebutkan bahwa tangan ternyata menjadi ‘rumah' bagi sekitar 39.000 bakteri. Tangan juga menjadi salah satu pintu masuk segala penyakit.. Dengan melakukan tindakan hand hygiene yang baik dalam prakteknya terbukti sahih dapat menurunkan angka insiden infeksi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu pertahanan awal untuk menjaga kesehatan.

Kebersihan tangan yang baik dianjurkan menggunakan metode enam langkah seperti yang direkomendasikan oleh WHO. Langkah pertama yaitu menuangkan cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar, langkah kedua mengusap dan menggosok kedua punggung tangan secara bergantian, langkah ketiga dengan menggosok sela-sela jari tangan hingga bersih, langkah keempat membersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci, langkah kelima menggosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian dan langkah keenam dengan meletakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok secara perlahan.

Dengan melakukan kebersihan tangan yang benar dipastikan proses penularan berbagai macam penyakit infeksi dapat terhambat. Untuk itu, mulai saat ini mari menerapkan kebiasaan melakukan kebersihan tangan dengan cara yang benar dan jangan melakukan secara terburu-buru.

 

 

comments powered by Disqus