Hak dan Kewajiban Pasien
Ditulis oleh rsjaceh, pada Jumat, 17 November 2017

INFORMASI TENTANG HAK PASIEN DAN KELUARGA HAK PASIEN
01. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah sakit.
02. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
03. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi.
04. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standard profesi dan standard prosedur operasional.
05. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
06. Mengajukan pengaduan atas kualias pelayanan yang didapatkan.
07. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.
08. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai surat izin praktek (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit.
09. Mendapatkan privasi dan kerahasian penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.
10. Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternative tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan proknosis terhadap tindakan yang dilakukan serta pemikiran biaya pengobatan.
11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
12. Di dampingi keluarganya dalam keadaan kritis.
13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.
14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit.
15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan Rumah Sakit terhadap dirinya.
16. Menolak layanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama kepercayaan yang dianutnya.
17. Menggugat dan atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana.
18. Mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standard pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

KEWAJIBAN PASIEN :
01. Pasien dalam pelayanan medis berkewajiban untuk memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya kepada dokter yang merawat.
02. Pasien dalam pelayanan medis berkewajiban untuk mematuhi nasehat dan petunjuk dokter atau dokter gigi dan perawat dalam pengobatannya.
03. Pasien dalam pelayanan medis berkewajiban untuk mematuhi ketentuan atau peraturan dan tata tertib yang berlaku disarana layanan kesehatan.
04. Pasien dalam pelayana medis berkewajiban untuk memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.
05. Pasien dalam pelayanan medis berkewajiban untuk menyimpan rahasia pribadi dokter yang diketahuinya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32